Lagenda Kapal Mewah yang mengalami tragedi saat Pelayaran

1. Lagend of TITANIC
             Agan-agan semua pasti  udah banyak yang pada nonton film Titanic,itu semua adalah film yang di realis oleh sutradara james cameron.Alur cerita film ini adalah mengenai RMS Titanic yang tenggelam dalam perlayaran perdananya pada awal tahun 1912. Film ini memenangkan 11 Academy Awards yang diselenggarakan pada tanggal 23 Maret 1998. Film ini juga berhasil menjadi film box office terbesar dalam sejarah perfilman.Naahh... sejarah demi sejarah kapal titanic ini memang benar adanya. yuk mari !! liat story awalnya kapal TITANIC iniiiiii :)
             Kapal Titanic merupakan kapal penumpang milik White Star Line, dibangun di galangan kapal Harland and Wolff di Belfast, Irlandia Utara. Pembuatan RMS Titanic, dibiayai oleh hartawan Amerika, J.P. Morgan dan perusahaannya International Mercantile Marine Co,dimulai pada 31 Maret 1909. Badan kapal Titanic selesai diproduksi pada 31 Mei 1911, dan perlengkapan dalam di selesaikan pada 31 Maret tahun berikutnya. Titanic sepanjang 269 meter (882 kaki 9 inci) dan 28 meter (92 kaki 6 inci) lebar, berat mati 46.328 ton, dan ketinggian dari permukaan air ke geladak setinggi 18 meter (60 kaki). 
             Terdapar empat cerobong kapal setinggi 19 meter (63 kaki) ,cerobong yang keempat digunakan sebagai lubang udara, dan untuk memperlihatkan kehebatan kapal. Kapal Titanic mampu membawa 3.547 penumpang dan awak kapal, karena ia juga mengirim surat, maka namanya diberi penambahan kata depan RMS (Royal Mail Ship) dan juga sebagai kapal uap - SS (Steam Ship).
            Pada waktu itu, fasilitas dan kemewahannya tidak dapat ditandingi. Ia menawarkan fasilitas kolam renang, ruang olahraga, pemandian Turki, perpustakaan dan gelanggang squash. Ruang kelas utama dihiasi seluruhnya dengan panel kayu, perabotan mewah dan perhiasan yang indah lainnya. Ia menawarkan tiga lift untuk digunakan penumpang kelas utama dan, satu inovasi pada waktu itu, satu lift bagi penumpang kelas dua.
Titanic dianggap sebagai puncak arsitektur laut dan pencapaian teknologi. Ia dianggap oleh majalah Ship Builders sebagai kapal yang "hampir tidak mungkin tenggelam." Titanic terbagi atas 16 ruang kedap air dengan pintu yang beri pengunci elektrik dan akan menutup hanya dengan menekan satu tombol dari dek kapal; walaupun, sekat kapal tidak menghalangi keseluruhan ketinggian geladak (hanya sampai Dek-E). Titanic mampu terapung dengan baik walau dua ruang tengah dipenuhi air atau empat bagian pertama dipenuhi air,apabila lebih dari itu maka ia akan tenggelam .

Perlayaran Perdana
Kapal Titanic memulai pelayaran pertamanya dari Southampton, Inggris, dalam perjalanan ke New York City, New York, pada Rabu, 10 April 1912, di bawah kendali Kapten Edward J. Smith.
Titanic mempunyai tiga bagian kelas penumpang yang dipisahkan. Kelas ketiga juga dikenal sebagai geladak, terdiri dari kabin kecil di dek bawah, diisi oleh kebanyakan pendatang dari inggris yang mengharapkan penghidupan lebih baik di Amerika. Kabin dan ruang kelas kedua, terletak di bagian belakang, memiliki fasilitas yang sama dengan kelas satu di kapal lain. Kebanyakan penumpang kelas kedua pada mulanya menempati kelas satu di kapal yang lain tetapi, karena tidak tersedianya batu bara, maka dipindahkan ke Titanic. Kelas utama merupakan bagian kapal yang paling mewah.
Sebagian dari orang yang terkenal turut belayar sebagai penumpang kelas utama. Ini termasuk jutawan John Jacob Astor dan isterinya Madeleine Force Astor; pemilik kilang Benjamin Guggenheim; pemilik Macy, Isidor Straus dan isterinya Ida; jutawan Denver, Margaret "Molly" Brown; Sir Cosmo Duff-Gordon dan isterinya Lady Lucille Duff-Gordon; George Elkins Widener dan istrinya Eleanor; John Borland Thayer, isterinya Marian dan anak mereka yang berusia tujuh belas tahun, Jack.

 Accident
           Pada saat pelayaran pertamanya, Titanic menabrak gunung es pada pukul 23:40 (waktu kapal) ketika berlayar
di selatan Grand Banks di Newfoundland, Minggu,
14 April 1912, dan tenggelam sekitar dua jam
empat puluh menit kemudian pada pukul 2:20
pagi hari Senin.
          Kebanyakan penumpang tewas disebabkan karena korban terkena hypothermia dalam air 28 °F (−2 °C).
Bencana tersebut mengakibatkan kematian
                                                       lebih dari 1.500 orang,dan
                                                       menjadikannya  sebagai bencana laut
                                                       terburuk semasa zaman dalam sejarah
                                                      dan sampai kini paling termashyur.

2. COSTA CONCORDIA
                Costa Concordia adalah sebuah kapal pesiar kelas Concordia yang dimiliki dan dioperasikan oleh Costa Cruises. Kapal ini dibangun di galangan kapal Sestri Ponente milik Fincantieri di Italia. 
Nama Concordia ditujukan untuk mengkspresikan harapan
untuk "harmoni, kesatuan, dan perdamaian yang terus berlanjut
di antara negara-negara Eropa".
              
Fasilitas Lengkap
               Kapal yang memiliki desain futuristik tersebut memiliki,lima buah restoran,
kolam renang mewah,costa concordi
13 bar termasuk dua diskotik.Untuk para penumpang yang menginginkan bersantai dengan berendam di dalam air hanggat, Kapal Costa Concordia menyediakan 5 jacuzzi,4 kolam renang dengan teknologi mutahir, serta Spa di masing-masing lantai kapal, lengkap dengan peralatan gym, Thalassotherapy, ruang perawatan, lapangan olahraga.



 

Untuk para penikmat film, disediakan bioskop            empat dimensi, dan tiga bioskop di masing-masing lantai, dan bagi yang ingin beramin game, disediakan simulator Grand Prix Simulator, dan playstation. Secara kesuluruhan, kapal memiliki 1.500 kabin, termasuk 55 akses langsung ke Spa samsara,505 balkon pribadi, 58 suite dengan balkon pribadi, 12 suite dengan akses langsung ke Spa Samsara

               

              











           Di awal tahun 2012 tepatnya Jumat, 13 Januari 2012 kapal costa concordia menabrak batu karang saat melintasi Pulau Giglio, Italia. Inilah beberapa kronologi saat akan tenggelamnya kapal :

- Pukul 07.00 malam waktu setempat, kapal siap berlayar dari pelabuhan Civitavecchia yang berada di dekat Roma dengan mengangkut sekitar 4.299 orang termasuk 3.000 orang turis dan lebih dari 1.000 awak kapal. Kebanyakan turis itu berasal dari Italia, Prancis, Jerman, Spanyol.

- Pukul 08.30, kebanyakan penumpang sedang menikmati makan malamnya di lima restoran dan 13 club malam di seluruh wilayah kapal Costa Concordia, termasuk beberapa di antaranya berada di dalam kabin.

- Pukul 09.30, Kapal menabrak karang di wilayah Tuscan di Pulau Giglio.

- Pukul 09.35, listrik kapal mati. Penumpang mulai panik.

- Pukul 09.45, alarm pertama berbunyi dua kali panjang dan sekali pendek yang menginformasikan kepada awak kapal tentang adanya masalah.

- Pukul 09.50, kapal mulai miring. Di restoran, perlengkapan makan mulai saling beradu. Beberapa penumpang berlari ke luar kabinnya dan memakai pelampung.

- Pukul 10.00, beberapa penumpang mulai berkumpul di dek empat di mana sekoci berada. Kapten kapal melakukan manuver untuk mendekatkan kapal ke pantai.

- Pukul 10.10, perintah meninggalkan kapal dikeluarkan dengan tujuh kali tiupan peluit pendek dan sekali tiupan panjang. Sekoci mulai diturunkan.

- Pukul 10.20, penjaga pantai mulai melakukan upaya penyelamatan dengan menggunakan speedboat dan helikopter. Warga pantai Giglio ikut membantu penyelamatan itu. Banyak penumpang yang langsung melompat ke laut dan tidak menggunakan sekoci.

- Pukul 11.15, sekoci pertama tiba di pantai Giglio.

- Pukul 11:40, Media melaporkan Kapten Francesco Schettino ditemukan di darat dalam kondisi lelah.

0 komentar:

Posting Komentar